6 Cara Budi Daya Ayam Bangkok Termurah Bagi Pemula

6 Cara Budi Daya Ayam Bangkok Termurah Bagi Pemula6 Cara Budi Daya Ayam Bangkok Termurah Bagi Pemula, bagi para pecinta aduan ayam tentunya nama ayam bangkok suda sangat akrab di telinga para fans nya. Apalagi di regional Indonesia, ayam bangkok asal Thailand ini sudah menjadi primadona bagi di hati penggemarnya. sesuai dengan julukannya nama ayam bangkok menduduki pringkat teratas sebagai ayam aduan yang berkualitas di berbagai ajang eksibisi. Sifat petarung yang kental dalam darah ayam bangkok ini yang serupa dengan 5 ekor ayam liar yang dimana akan bertarung habis-habisan demi wilayah kekuasaan mereka.

S128Menurut sejarah , warga setempat negri Thailand telah sukses menemukan seekor ayam petarung, yang akhirnya diberi nama King Of Chicken. Ayam bangkok ini memiliki pukulan yang fatal dengan tingkat kritikal yang dapat menyebabkan cidera parah bagi ayam aduan lain. Di daratan cina ayam bangkok ini lebih dikenal dengan sebutan Leung Hang Zhao. Dimana para penduduk berbondong-bondong mencari kualitas ayam bangkok yang unggul untuk di kawin silangkan dengan jenis ayam species mereka.

Agen S128 Tapi di Indonesia ayam bangkok menjamur bermula dari kota Tuban, Jawa Timur. Walau sejarahnya tidak begitu jelas, namum  ayam bangkok terkenal dari kalangan ningrat sampai kalangan bawah. Dengan demikian warga tanah air memilih ayam bangkok sebagai pejantan dan di kembangbiakan, demi mendapatkan bibit unggul ayam bangkok tersebut. Walau tidak lah murni ayam bangkok tetapi ayam-ayam yang beredar di pasaran saat ini rata-rata berbentuk dan meliki postur fisik layaknya ayam bangkok tersebut.

7 Golongan ayam bangkok yang di identifikasi dari warna bulu, yakni :

  • Putih : yang memiliki warna dasar bulunya putih.
  • Wiring : yang memiliki ciri warna dasar hitam lengkap dengan ekor yang bewarna kuning kemarahan dan bulu rawis.
  • Wangkas : ini adalah jenis yang mirip dengan rawisnya atau kuning kemerahan.
  • Jali : Memiliki ciri dengan warna dasar buli blirik yang sebenarnya campuran dari berbagai warna seperti putih, hitam dan merah.
  • Klawu : jenis ini memiliki warna dasar bewarna abu – abu.
  • Blorok : Ini adalah jenis yang memiliki bulu dengan totol – totol dari berbagai kumpulan warna seperti putih, hutam dan merah.
  • Jragen : memiliki warna dasar hitam.

Tetapi ada beberapa orang tidak mau membudi dayakan ayam bangkok ini, mereka berpikir tidak begitu menguntungkan seperti ayam petelur. masih banyak orang awam yang tidak mengerti akan  kualitas ayam bangkok ini. Karena melakukan ternak ayam bangkok ini bisa juga berpotensi untuk meraup banyak keuntungan yang berlimpah. Biasanya ayambangkok ini akan di jadikan koleksi atau sebagai gacok dalam arena tarung oleh tuan nya. Ayam bangkok juga memiliki harga jual yang cukup fantastik dengan nominal puluhan juta rupiah untuk satu ekor ayam bangkok dengan kualitas ayam best of the best.

Berikut adalah beberapa cara budi daya ayam bangkok, yakni :

  1.  PEMILIHAN INDUK

Seperti yang di lakukan oleh para pertenak unggas lain nya, agar mendapakan keberhasilan dalam proses pembudidayaan ayam bangkok ini, maka anda harus benar – benar memilih kualitas indukan yang sangat berkualitas. Biasanya beberapa penjual ayam bangkok yang laris di pasaran akan menyediakan ayam bangkok dengan kualitas yang bagus juga. Pilihlah indukan yang tentunya aktif, lincah dan sehat. Tidak cacat maupun sakit. Karena kualitas bibit akan di pengaruhi langsung oleh kualitas indukan dan faktor luar lainnya. Pilih lah indukan yang berkualitas terbaik atau sepasang ayam bangkok juara.

 2. PENEMPATAN KANDANG

Ayam bangkok yang harus anda perhatikan sebelum memilik dan menempatkan posisi kandang ayam bangkok ini, berikut beberapa faktor – faktor penting tersebut. Lokasi ternak atau kandang ayam bangkok ini, sekurang-kurangnya harus berjarak minimal 5 meter dari kandang ayam lainnya jika anda berkemungkinan memelihara ayam jenis lainnya, terutama jika anda merawat ayam potong dan tidak dekat dari rumah.

3. KANDANG UMBARAN SATUAN

Merupakan kandang multifungsi sebagai kandang kawin sekaligus juga berfungsi sebagai kandang anakan yang berusia 1,5 hingga 3 bulan.
Kandang ini biasanya dibuat dari kayu dengan ukuran yang paling ideal yaitu : leber 1 meter, tinggi 2,5 meter dan panjang 1,5 meter.
Alas dari kandang sebaiknya berupa alas tanah yang telah dicampuri dengan pasir. Alas yang berbentuk demikian berguna untuk pembentukan optimal dari struktur jari – jari maupun cakarnya. Selain itu anda bisa menambahkan pula tenggeran yang di buat dari kayu untuk tempat bermain para ayam bangkok.

4. KANDANG POSTAL

Kandang ini adalah kandang yang dikhususkan bagi para anak ayam bangkok yang baru saja menetas. Ukurannya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan kandang umbaran, yakni meiliki tinggi 1 meter, panjang 1 meter dan lebar 0,8. Ukuran dari kandang postal yang seperti itu pada umumnya dapat menampung 10 hingga 15 anakan ayam bangkok.

Dinding dari kandang ayam bangkok untuk kandang postal dapat dibuat dari kawat dan juga dibagian dalamnya harus ada alat pemanas yang buasanya dibuat dari lampu bohlam. Alasnya sendiri umumnya diberi sekam padi agar kelembaban terjaga dan akan diganti minimal sekali 3 hari.

5. KANDANG TIDUR

Kandang tidur ayam bangkok ini dibuat khusus untuk tidur para ayam di malam hari. Alas dari kandang ini biasanya akan ditinggikan dengan menyerupai bentuk panggung minimal berjarak 1,5 meter dari tanah untuk bisa menghindari suhu tanah yang tentunya akan menjadi dingin pada malam hari. Ke tiga dari jenis kandang ayam tersebut tentunya harus dilengkapi dengan wadah air dan wadah pakan. Selalu menjaga kebersihan dan kelembaban agar para ayam bangkok dapat bebas dari penyakit. Komponen penting lainnya seperti: sanitasi, pengaturan sirkulasi udara dan pemilihan bahan atap menjadi penting sebagai tahapan yang di gunakan agar kesehatan ayam bangkok terjaga dalam jangka panjang.

6. PENCABUTAN BULU BIBIT AYAM BANGKOK

Bulu yang tumbuh terlalu lebat akan menghabiskan porsi gisi dari asupan makan ayam bangkok. Jadi, sebaiknya peternak mencabut sebagian dari bulu ayam bangkok saat usia ayam mencapai 3 minggu. Hanya memotong bulu pada bagian ekor atau sayap. Lalu pada usia 2 bulan, cabutlah bulu bulu yang rontok di punggung dan bulu leher. Pencabutan bulu ini harus dilakukan untuk mengoptimalkan serapan dari makanan untuk perkembangannya.

Itulah 6 cara budi daya yang tidak memakan banyak biaya, dan bisa terbilang murah untuk para pemula yang mendapati kesenangan dalam adu ayam bangkok ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba dan semoga sukses.